Sabtu, 01 Februari 2014

Sejarah si Hijau Celtics

SEJARAH BOSTON CELTICS


  Siapa yang tidak mengenal klub ini, klub yang sampai sekarang membuat banyak kejutan di NBA. Boston Celtics. Boston Celtics adalah termasuk tim tersubur di NBA, Celtics berada di puncak sejarah NBA dengan memperoleh 17 kali mengangkat trofi NBA, di bawah Celtics ada rival berat mereka yaitu, Los Angeles Lakers dengan 15 kali mengangkat trofi. Dan tidak jarang juga Celtics memunculkan banyak pemain berbakat contohnya, Larry Bird, Ray Allen, Rajon Rondo, Kevin Garnett, Paul Pierce dan masih banyak lagi. Masuk devisi Atlantik Wilayah TImur membuat Celtics semakin kompetitif dalam bermain.
 Bermarkas di TD Garden, yang berbagi dengan Boston Bruins dari NHL. Dari tahun 1957 sampai dengan 1969, Celtics selalu mendominasi liga dengan memenangkan 11 kali kejuaraan dalam 13 tahun, dan delapan berturut-turut (1959-1966), streak terpanjang berturut-turut dari setiap tim Amerika Utara.

TD Garden.

  Celtics mendominasi liga selama 1950-an dan pertengahan 1980-an dengan gebrakan tim bersama legenda Larry Bird, Celtics dapat dengan mudah memenangkan pertandingan. Bersama Bill Russel, Bob Cousy, John Havlicek, Larry Bird dan pelatih legendaris Red A. di kombinasikan untuk rekor 795-397 membantu Celtics menang 16 kali Championships. Namun kejayaan Celtics pun terhambat ketika tim mengalami tragedi. Yaitu, pemain bintang mereka Reggie Lewis meninggal karena serangan jantung di masa jayanya bersama klub hijau tersebut. Kemudian penampilan Celtics semakin menurun, permainan mereka menjadi monoton dan tjarang memukau para mata penggemar NBA saat itu. Tim itu kembali menonjol di musim 2007-2008 ketika Kevin Garnett dan Ray Allen dipadukan dengan permainan cepat Paul Pierce. Grafik kemenangan Celtics naik. Mereka pun di sbut-sebut sebagai "The Big Three of Celtics" dan membawa tim memenangkan gelar ke 17 Celtics pada tahun 2008. 

The Big Three.

  Celtics pun juga memperoleh rekor yang menakjubkan. Mereka sudah bertemu LA Lakers sebanyak 12 kali di Final dan Celtics berhasil memenanggkan 9 pertandingan dan Lakers hanya berhasil 3 kali saja.

SEJARAH CELTICS

  Celtics dibentuk pada tahun 1946 sebagai salah satu tim dalam Basketball Association of America, dan menjadi bagian dari keluarga besar NBA. setelah penggabungan BAA dan National Basketball League. Tim ini kurang sukses di tahun-tahun pertamanya, sampai pelatih Red Auerbach datang melatih tim. Salah satu pemain terkenal yang bergabung di Celtics pada era pendirian Celtics adalah Bob Cousy. Selain itu kemudian juga ada rookie paling sukses dan berjaya nantinya adalah Bill Russell bergabung pada tahun 1956. Russell kemudian menjadi bagian tak terpisahkan dari sukses besarnya Celtics di era 1950-an. Tahun itu juga Celtics maju ke final dan mengalahkan St. Louis Hawk yang saat ini bernama Atlanta Hawk dalam tujuh pertandingan, inilah gelar juara pertama si Hijau. Pada tahun 1957, tepatnya setahun setelah kemenangan besarnya, Celtics kembali menantang Hawks di final dan kalah dalam 6 pertandingan. Namun setelah tambahan K.C Jones, Celtics memulai suatu dinasti yang akan berjalan selama lebih dari satu dasawarsa atau 10 tahun mendatang. Pada tahun 1959, dengan Russell dan Jones, Celtics memenangkan juara NBA setelah mengalahkan Minneapolis Lakers yang saat ini bernama Los Angeles Lakers. Masih dilatih oleh seorang Auerbach, Celtics memenangkan 7 kejuaraan berikutnya, sehingga 8 berturut-turut. Dalam waktu ini, Celtics bertemu dengan Lakers di final enam kali, sehingga mereka menjadi musuh bebuyutan dan menjadi rival, ya kalau di sepakbola pertandingan Celtics dan Lakers akan menjadi El Clasico nya NBA. Celtics akhirnya bertemu dengan Lakers 10 kali di final. Sangat Menakjubkan. Setelah kejuaraan 1966, Auerbach pensiun sebagai pelatih namun tetap menjadi General Menager, yang masih ia pegang sampai tahun 1980-an. Russell kemudian mengambil alih skema pemain dengan menjadi pemain-pelatih. Namun tahun itu mereka kalah dari Philadelphia 76ers dalam Eastern Conference Finals. Tim yang menua ini kemudian memenangkan kembali 2 kejuaraan pada tahun 1968 dan tahun 1969, lagi-lagi melawan rival mereka LA Lakers. Russell pensiun setelah musim pertandingan 1969, mengakhiri dinasti yang telah memenangkan 11 kejuaraan NBA. Pemain-pemain penting dari masa ini adalah Sam Jones, John Havlicek, dan Tommy Heinsohn. Awal tahun 1007/1008, mereka merekrut Kevin Garnett dari Minnesota Timberwolves dan Ray Allen dari Seattle SuperSonics. Bersama dengan Paul Pierce, mereka bertiga dianggap sebagai yang akan membuat Celtics kembali ke kejayaannya dengan membuat dinasti Paul Pierce yang baru. hal itu terbukti dengan Celtics memenangkan NBA pada tahun 2008 melawan rivalnya, LA Lakers. Namun sekarang Celtics tidak begitu menakutkan karena Ray Allen, mesin shot mereka berpindah klub ke Miami Heat. Dan KAevin Garnett, Paul Pierce sudah semakin tua untuk bermain basket di NBA.


#LingkarBerjaring

0 komentar:

Posting Komentar