Jumat, 26 September 2014

(Posisi dalam basket) 'Raja Pertahanan dan Kekuatan' - Power Forward


RAKSASA KEDUA

Kevin Love (Power Forward)

  Hai para pecinta dan pecandu basket Indonesia maupun dari luar Indonesia. Kali ini Ling bakal nge-post edisi posisi dalam olahraga basket. Dari Point Guard, Shooting Guard, Power Forward, Small Forward, dan Center. Setiap posisi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Posisi-posisi itu diberikan oleh coach maupun keinginan para pemain itu untuk memiliki posisi tersebut. Edisi kali ini adalah lanjutan dari bahasan kita sebelumnya mengenai Point Guard, Shooting Guard, Center dan Small Forward. Berikut Ling berikan tulisan tentang Power Forward. Check it out ... (EDISI TERAKHIR )





Pengertian...


  Power Forward berasal dari kata bahasa inggris. 'Power' artinya 'Kekuatan' dan 'Forward' artinya 'Maju' atau 'Meneruskan'. Jadi boleh di katakan tugas utama seorang Power Forward yang berkaitan dengan 'Kekuatan" itu sendiri. Dibayangkan sudah jelas sekali kalau posisi ini akan banyak terjadi benturan-benturan fisik dengan lawan. Tak hanya benturan fisik tapi ia (PF) harus maju ke depan untuk membantu SF dan PG. Double tasks yang memang tidak mudah, tapi itulah PF. Jadi kesimpulannya, PF adalah seorang pemain berbadan besar yang memiliki power dan maju ke depan.

Apa ciri-ciri seorang PF ?

  Sangat mudah mengetahui ciri-ciri seorang PF ketika ada di dalam sebuah game. Tentunya ia memiliki badan yang besar hampir mencapai tinggi seorang Center. Berposisi disebelah Center, biasanya coach akan menempatkan seorang PF di dekat Center yaitu di belakang ketika defense, supaya untuk membantu Center me-rebound bola lawan yang tidak berhasil masuk ring. Memang agak sedikit membingungkan antara Center dan Power Forward dilapangan karena tinggi mereka relatif hampir sama. Ciri yang paling membedakan antara Center dan Power Forward adalah cara ia berdiri ketika defensive maupun saat offensive. saat defense seorang Center cenderung berdiri dibawah ring karena memang tugas utama seorang Center adalah melindungi ring dari tangan-tangan nakal musuh, sedangkan seorang PF cenderung di kanan atau di kiri. Karena tugasnya memang membantu Center. Katika offense tugas Center dan PF hampir sama, melakukan bump ke lawan dengan adu fisik, tetapi PF lebih sering melakukan lay-up sendiri atau dunk.

Apa syarat untuk menjadi seorang PF ?

  Cara yang akan Ling sebutkan sih mudah, sebenarnya sama dengan apa yang Ling jelaskan sebelumnya, tetapi butuh ketelatenan dan keuletan yang tinggi untuk mencapainya. Syaratnya tentu saja bisa rebound dengan sangat baik, kenapa ? karena tugas nya memang membantu seorang Center dibawah ring. Yang kedua butuh tinggi badan yang cukup memadai untuk berduel di udara saat melakukan rebound. Dan yang terakhir adalah butuh kekuatan fisik yang sanagt bagus, karena benturan fisik wajib dilakukan oleh seorang PF, kalau tidak memilikinya niscaya akan kalah saat benturan-benturan fisik tersebut.

Lalu, apa saja latihan untuk mendapatkan syarat-syarat menjadi seorang SF diatas ?

   Latihannya adalah...

Nah kalau masalah gen tadi tidak akan bisa dilatih karena sudah terbawa dengan DNA saat lahir, jadi kalau memiliki gen pendek jangan muluk-muluk menjadi seorang Center atau PF, posisi PG SG juga sama kerennya :D , ini Ling kasih tahu yang tidak dilihat dari faktor gen.

1. Perbanyak skipping (lompat tali) > ini sangat membantu ketika tinggi badan kita tidak memadai untuk memiliki posisi PF. Skipping memberi efek yang bagus. Tinggi badan bisa maksimal akibat skipping.

2. Berenang > berenang dapat membantu memaksimalkan tinggi badan, karena ketika berenang otot-otot diseluruh badan kita akan tertarik dan lentur sehingga membuat kita menjadi tinggi.

3. Perbanyak Jogging > untuk memperkuat otot pada kentol kaki kita, dengan jogging kekuatan dan tahan lamanya berlari kita selama bermain meningkat sebanyak 5,87% kalau dilakukan 2 hari sekali.

4. Perbanyak dribble > pada saat-saat tertentu seorang PF akan diuji kemampuan dribblenya oleh musuh, jadi berhati-hatilah.


Ling kasih gambar ketangguhan seorang PF ...


Kevin Love melakukan dunk ketika ia terpilih menjadi all-star NBA (West Team)


Kevin bersikukuh melakukan rebound bola dengan lawan-lawannya


Love saat melkukan dribble cepat menerobos pertahanan lawan.

  Nah sekian dari Ling tentang PF (Power Forward) Akhirnya edisi untuk posisi dalam basket sudah berakhir, oh iya kalau mau tahu tentang yang lain silakan klik dibawah yaaa..  Jangan lupa follow twitter Lingkar Berjaring di @IDbasketballers. Salam Basket dari Ling : )


Posisi PG klik disini !
Posisi SG klik disini !
Posisi C klik disini !
Posisi SF klik disini !




#LingkarBerjaring

1 komentar:

Unknown mengatakan...

siap :v

Posting Komentar