Senin, 04 Agustus 2014

(Posisi dalam basket) 'Sang Pelari Kecil yang Jauh' - Small Forward


PENEROBOS YANG KUAT

LeBron James (Small Forward)

   Hai para pecinta dan pecandu basket Indonesia maupun dari luar Indonesia. Kali ini Ling bakal nge-post edisi posisi dalam olahraga basket. Dari Point Guard, Shooting Guard, Power Forward, Small Formard, dan Center. Setiap posisi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Posisi-posisi itu diberikan oleh coach maupun keinginan para pemain itu untuk memiliki posisi tersebut. Edisi kali ini adalah lanjutan dari bahasan kita sebelumnya mengenai Point Guard, Shooting Guard dan Center. Berikut Ling berikan tulisan tentang Small Forward. Check it out ...




Pengertian...

  Small Forward berasal dari kata bahasa inggris. 'Small' artinya 'Kecil' dan 'Forward' artinya 'Maju' atau 'Meneruskan'. Jadi dengan kata lain posisi ini bisa dibilang memiliki tugas berat. Apa saja tugas nya ? upss.. nanti dulu lihat dibawah yaa. Small Forward bisa diartikan dengan kecil yang meneruskan ke depan, artinya seorang pemain bertubuh kecil yang meneruskan bola dengan berlari kedepan.

Apa ciri-ciri seorang SF ?

  Seorang SF memilki ciri-ciri berposisi biasanya disebelah seorang Center. Dia membuat pertahanan di sisi kanan atau kiri ketika bertahan dan membuat peluang keluar garis 3-point ketika menyerang. Memang dijuluki sebagai seorang yang 'kecil' karena adanya kata 'small' disini, tapi dalam kenyataannya mereka (SF) tidak sekecil yang kita bayangkan, tinggi mereka rata-rata 195 ke atas. Dalam artian, mereka bertugas juga sebagai rebounder tim dalam keadaan defense bola. Bola-bola atas menjadi andalan seorang SF. Tugas yang lain yang tampak sekali adalah cara berlari seorang SF, biasanya seorang SF di tim memilki cara berlari yang sangat cepat dan lincah, sulit untuk musuh menghalanginya. jalur larinya lurus tak seperti seorang PG yang mengleok-leok kesana-kemari mempermainkan musuh. Dari titik jauh itulah seorang SF ditakuti lawan, berbadan besar, bernai menerobos menjadi salah satu modal untuk memenangkan skor dalam satu game. Layaknya LeBron James yang selalu menerobos lawan tanpa pandang bulu, ia berlari dengan lajur lari yang lurus tanpa berbelok-belok, ketika ada lawan didepannya ia langsung menghantam dengan badannya dan melakukan dunk dengan power yang tinggi. Posisi ini sulit, karena harus memilki dribble yang cepat untuk mengimbangi kaki berlari kencang.

Apa syarat untuk menjadi seorang SF ?

  Cara yang akan Ling sebutkan sih mudah, sebenarnya sama dengan apa yang Ling jelaskan sebelumnya, tetapi butuh ketelatenan dan keuletan yang tinggi untuk mencapainya. Syaratnya tentu saja bisa dribble dengan baik, kenapa ? karena, butuh dribble yang tangkas untuk mengimbangi lari yang kencang. Dan juga butuh otot kaki yang kuat, karena tugas utama seorang SF adalah ketika mendapat rebound ketika defense, ia langsung berlari kencang ke depan dan membuat poin, dan itu harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Otot dan kemampuan dribble yang tinggi sangat diperlukan disini.


Lalu, apa saja latihan untuk mendapatkan syarat-syarat menjadi seorang SF diatas ?

   Latihannya adalah...

Nah kalau masalah gen tadi tidak akan bisa dilatih, ini Ling kasih tahu yang tidak dilihat dari faktor gen.

1. Perbanyak skipping (lompat tali) > ini sangat membantu ketika tinggi badan kita tidak memadai untuk memiliki posisi SF. Skipping memberi efek yang bagus. Tinggi badan bisa maksimal akibat skipping.

2. Berenang > berenang dapat membantu memaksimalkan tinggi badan, karena ketika berenang otot-otot diseluruh badan kita akan tertarik dan lentur sehingga membuat kita menjadi tinggi.

3. Perbanyak Jogging > untuk memperkuat otot pada kentol kaki kita, dengan jogging kekuatan dan tahan lamanya berlari kita selama bermain meningkat sebanyak 5,87% kalau dilakukan 2 hari sekali. Coba dan rasakan bedanya.

Ling kasih gambar-gambar keganasan seorang SF :

LeBron James berlari menerobos lawan-lawannya. Tentunya larinya sangat cepat.

Ketika telah berlari, ia melakukan dunk dengan sangat keras !


TerlihaT LeBron adalah SF terbaik. Ia berlari lurus dengan cepat dan melakukan dunk, terlihat
seorang Kobe Bryant pun tak dapat mengejarnya.

Nah sekian dari Ling tentang SF (Small Forward) Eits, lihat juga kelanjutan posisi-posisi yang lain di blog ini yang akan Ling terbitkan nanti. Sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya, Ballers. Jangan lupa follow twitter Lingkar Berjaring di @IDbasketballers. Salam Basket dari Ling : )

Posisi PG klik disini !
Posisi SG klik disini !
Posisi C klik disini !
Posisi PF klik disini !


#LingkarBerjaring

1 komentar:

Alif Farras mengatakan...

promote saya, saya akun mem-promote anda juga please
https://pengetahuand12.blogspot.co.id/

Posting Komentar