Selasa, 24 Juni 2014

(Posisi dalam basket) 'Si Penembak Jitu' - Shooting Guard


PENCETAK ANGKA DARI JAUH

Shooting Guard (KobeBryant)

  Hai para pecinta dan pecandu basket Indonesia maupun dari luar Indonesia. Kali ini Ling bakal nge-post edisi posisi dalam olahraga basket. Dari Point Guard, Shooting Guard, Power Forward, Small Formard, dan Center. Setiap posisi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Posisi-posisi itu diberikan oleh coach maupun keinginan para pemain itu untuk memiliki posisi tersebut. Edisi kali ini adalah lanjutan dari bahasan kita sebelumnya mengenai Point Guard. Berikut Ling berikan tulisan tentang Shooting Guard. Check it out ...


Pengertian...

  Shooting Guard berasal dari kata bahasa inggris. 'Shooting' artinya 'penembak' dan 'Guard' berarti pengawal, penjaga atau pengawali. Jadi bisa dibilang sih bahwa arti dari kata 'Shooting Guard' sendiri adalah Seorang penjaga yang mahir menembak. Disebut penjaga karena dalam posisi defense si Shooter pasti juga ikut melindungi, menjaga ring sendiri agar bola tidak masuk. Dari pengertian-pengertian di atas seorang SG bertugas untuk mencari poin yang rata-rata nya dari menembak bola basket. SG yang berkualitas sangat menguntungkan bagi tim itu sendiri. Kenapa ? untuk mencari poin pun gampang karena hanya dari jauh saja bukan menerobos dan berbenturan dengan lawan-lawan di tim lain. Memang SG tidak semata-mata hanya menembak, tetapi juga harus berani menerobos.


Apa ciri-ciri seorang SG ?

 Ciri-ciri seorang SG tidak begitu nampak, karena dari badan saja bersifat rata-rata di tim. Tetapi ketika pertandingan lah nampak sekali, jika ada seseorang yang paling sering melakukan shooting bola itulah si shooter. Sebenarnya posisi inilah yang paling gampang untuk dijalani, kenapa ? karena untuk mengatur serangan dan melakukan assist sudah ada yang mengatur yaitu, seorang PG. SG hanya menerima bola dari PG dan membuat angka dari jarak yang cukup jauh. Wow ! Enak ya.. Tapi ada syaratnya .. scrool bawah untuk lihat syaratnya..


Apa syarat untuk menjadi seorang SG ?

  Sebenarnya mudah syaratnya tapi lama, butuh kebiasaan dan keuletan. Yang pertama adalah 'mental' ini nih syarat yang paling penting, kenapa ? karena seorang shooter sering di pakai menjadi seorang penentu kemenangan dalam game oleh pelatih. Karena poin terbanyak dalam lapangan basket berasal dari luar lingkaran 3-point. Dalam menit-menit yang benar-benar krusial, jangan kan menit, detik pun di basket sangat berharga, menjelang detik-detik terakhir seorang shooter sering membuat 'buzzer beater'. Apa itu 'buzzer beater' ? 'buzzer beater' adalah keadaan dimana seorang pemain dapat merubah skor kekalahan menjadi kemengana di detik-detik terakhir. Yang paling terkenal membuat 'buzzer beater' adalah Michael Jordan dan Kobe Bryant. Syarat kedua, harus memiliki tingkat akurasi shooting di atas rata-rata rekan-rekan se-tim nya. Sudah jelas sekali seorang SG harus memiliki tingkat akurasi yang baik, karena sudah menjadi ciri khas seorang shooter.


Lalu, apa saja latihan untuk mendapatkan syarat-syarat menjadi seorang PG diatas ?

  Latihannya adalah...

1. Perbanyak shooting > cara ini paling efektif untuk meningkatkan akurasi dan teknik menembak bola.

2. Bola usahakan back-spin dan berbentuk 'parabola' > Back-spin maksudnya saat shooting bola sebaiknya perputaran bolanya kebelakang bukan diam di udara. Yang dimaksud 'parabola' adalah saat shooting bola hendaknya berbentuk cekungan menghadap atas seperti parabola. Agarsaat shooting lawan tidak dapat mem-blok tembakan kita.

3. Melatih mental > sering mengikuti kejuaraan, dan perlombaan basket bisa meningkatkan mental bertanding kita. Salah satu musuh terbesar dari mental adalah grogi saat bertanding.

4. Kalau sudah mahir basic, belajar fariasi shooting > di NBA sendiri banyak sekali fariasi shooting bola basket. Yang paling sering dan paling ampuh digunakan adalah 'fade-away jump shoot'. 'fade-away jump shoot' adalah keadaan dimana tubuh  bagian atas kita condong kebelakang dari pada tubuh bagian bawah kita saat melakukan shooting. Teknik ini sangat ampuh ketika dijaga orang yang lebih tinggi dari pada kita. Seperti gambar-gambar dibawah ini :

Gambaran fade-away jump shoot

 Lihat gambar disamping, terlihat Kobe Bryant melakukan fade-away dengan sukses sampai lawan yang menghadangnya tidak sanggup menyentuh bola atau mem-blok bola tersebut.

Nah sekian dari Ling tentang SG (Shooting Guard) Eits, lihat juga kelanjutan posisi-posisi yang lain di blog ini yang akan Ling terbitkan nanti. Sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya, Ballers. Jangan lupa follow twitter Lingkar Berjaring di @IDbasketballers. Salam Basket dari Ling : )

UNTUK LEBIH JELASNYA BAGAIMANA CARA MELAKUKAN SHOOTING BOLA BASKET, BALLERS DAPAT MELIHAT DI SINI

Posisi SF klik disini !
Posisi PF klik disini !
Posisi PG klik disini !
Posisi C klik disini !

#LingkarBerjaring

0 komentar:

Posting Komentar