Sabtu, 19 April 2014

Sejarah Organisasi penguasa basket dunia, FIBA


FIBA


  NBA, NBL, ABL, DBL, dll semua patuh pada FIBA. Penyelenggaraan basket dunia harus patuh dengan peraturan dan penentuan peraturan yang dibuat FIBA. Kini basket menjadi olahraga populer dikalangan remaja, anak-anak maupun orang tua. Semuanya karena kreativitas FIBA untuk mempublikasikan olahraga bergengsi ini. Berikut sejarah singkat FIBA, check it....
Fédération Internationale de Basketball (FIBA) atau Federasi Basket Internasional adalah badan yang mengatur internasional basket dubia. FIBA bermarkas di Eropa, tepatnya di Jenewa, Swiss.

Markas FIBA di Jenewa, Swiss
  FIBA didirikan pada tanggal 18 Juni 1932 dengan nama Fédération Internationale de Basketball Amateur. Negara pendirinya adalah Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Italia, Latvia, Portugal, Rumania, dan Swiss.

FIBA melaksanakan kejuaraan-kejuaraan bola basket seperti :

-Untuk turnamen antar negara :
1. Kejuaraan Dunia FIBA
2. Kejuaraan bola basket pada Olimpiade

-Untuk turnamen antar klub :
1. Kejuaraan Dunia Antarklub FIBA

  FIBA menyelenggarakan Kejuaraan Dunia, sekarang dikenal sebagai Piala Dunia, untuk pria sejak 1950 dan Kejuaraan Dunia Wanita sejak tahun 1953. Sampai dengan 2014, kedua peristiwa kini diselenggarakan setiap empat tahun, bergantian dengan Olimpiade. Seperti disebutkan di atas, Piala Dunia akan dipindahkan ke siklus empat-tahun baru, dengan untuk partisipasi Olimpiade olah para pemain basket profesional seperti pemain-pemain dari NBA di Amerika Serikat. Pada titik ini, Fédération Internationale de Basketball Amateur menjadi Fédération Internationale de Basketball namun tetap FIBA sebagai singkatan dari itu. Markas FIBA pindah ke Munich pada tahun 1956, kemudian kembali ke Jenewa pada tahun 2002 silam. Patrick Baumann adalah Sekretaris Jendral FIBA saat ini.

Patrick Baumann
  Kejuaraan Dunia basket atau sering disingkat sebagai Kejuaraan Dunia saja (nama resmi: Kejuaraan Dunia FIBA) adalah kompetisi terpenting dalam dunia bola basket intenasional. Diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Basketball (Federasi Basket Internasional), pengatur cabang olahraga ini, turnamen babak final Kejuaraan Basket adalah ajang yang paling banyak memikat dan ditonton oleh seluruh mata dunia, melebihi bahkan Olimpiade pun. Babak final turnamen (merujuk kepada bagian turnamen setelah kualifikasi) ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali namun kejuaraan ini mengambil dua tahun secara keseluruhan.


#LingkarBerjaring

0 komentar:

Posting Komentar